preloader

Istilah-Istilah didalam Dunia Pemrograman dan Dasar Pemrograman yang harus kamu tau, Apa saja itu? Yuk simak

Halo Sobat Power!

Ketika kita baru mempelajari hal baru, pastinya ada beberapa istilah yang belum familiar atau belum mendengar mengenai istilah tersebut. Begitu juga halnya juga dalam dunia programming, banyak sekali istilah istilah yang sangat penting untuk Programmer pemula ketahui. Tapi bahkan ada juga beberapa orang yang sudah terjun ke dunia programming cukup lama tapi masih belum tau mengenai istilah istilah tersebut.

Nah, disini saya akan sharing mengenai beberapa istilah dalam pemrogramman yang saya ketahui. yuk langsung saja simak!

1.Program

Program adalah kumpulan instruksi yang terorganisir, sehingga komputer bisa melaksanakan serangkaian tugas sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh user. Sederhananya, program merupakan instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer. Kumpulan instruksi ini kemudian akan dieksekusi untuk melakukan sebuah tugas atau fungsi tertentu.

2.Algoritma

Algoritma pemrograman merupakan langkah-langkah, instruksi, atau urutan untuk memecahkan masalah pada pemrograman komputer.

3.API

APU atau Application Programming Interface adalah sebuah sistem protokol dan tool yang membangun aplikasi software yang berjalan di balik layar. API bertugas menyampaikan perintah dari pengguna pada sistem, atau program untuk memberitahukan respon apa yang akan dilakukan atas perintah tersebut.

4.Bug

Bug didefinisikan sebagai program cacat atau kesalahan kode yang dapat membuat sebuah website atau program tidak bekerja dengan seharusnya. Bug ini dapat menimbulkan celah bagi para peretas untuk memanipulasi atau membobol keamanan sistem.

5.Kode

Kode atau kode program merupakan istilah programming yang digunakan untuk mendeskripsikan instruksi tertulis. Seorang developer wajib menguasai kode atau bahasa pemrograman agar dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

6.Framework

Framework secara harfiah diartikan sebagai kerangka program. Developer menggunakan framework ini untuk mengembangkan kode yang digunakan ketika membuat aplikasi. Kerangka kerja ini bermanfaat untuk mengurangi jumlah bug atau gangguan pada aplikasi yang sedang dikembangkan.

7.HTML

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language. Disebut hypertext karena di dalam HTML sebuah text memiliki fungsi lain, seperti menjadi link yang dapat berpindah ke halaman lainnya ketika meng-klik text tersebut.

8.JavaScript

Merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di semua web browser. JavaScript mampu membuat halaman website menjadi lebih interaktif dan berjalan lebih cepat di dalam browser

9.jQuery

jQuery merupakan library dari JavaScript yang mempermudah penyusunan website atau pembuatan sebuah aplikasi sehingga lebih cepat.

10.Database

Database adalah sekumpulan structured information atau data. Kumpulan data ini disimpan secara elektronik dalam sebuah sistem komputer. Informasi dan data bisa diakses kembali jika dibutuhkan.

11. UI

UI atau User Interface adalah proses dimana menampilkan sebuah hasil dalam bentuk tampilan yang dapat dilihat oleh user. Tujuan UI adalah untuk meningkatkan fungsionalitas dan user experience dari user.

12. UX

UX atau User Experience adalah rancangan interaksi manusia dengan subiah produk digital. UX berfokus pada kenyaman pelanggan, yang mana UX harus membuat sebuah web atau aplikasi yang memberikan kemudahan navigasi agar user dapat menemukan apa yang dicari.

Dasar-dasar Pemrograman

Pemrograman dasar adalah pembelajaran yang memberikan dasar-dasar logika yang bersifat universal dan mengedepankan pembentukan pola pikir seseorang mengenai membuat suatu program yang efektif dan efisien apa sajakah itu?

  • variable : sama halnya jika kita melakukan perhitungan di matematika, di pemrograman juga menggunakan istilah ini, dan fungsi nya juga sama persis, yaitu untuk menampung data (bisa berupa angka dan text)
  • tipe data : ini adalah pengklasifikasian data berdasar jenisnya ada beberapa tipe data yang paling sering digunakan, bilangan bulat (integer, ex : 0, 1, 2, 3, 4), kumpulan karakter (string, ex : saya, kamu, makan, cacing69), bilangan pecahan (float, ex : 0.3, 1.5), boolean (true, false) & himpunan data (array)
  • string : string merupakan kumpulan beberapa karakter, bisa berupa huruf, angka, karakter spesial ataupun gabungan semuanya. Awal belajar saya sangat bingung untuk membedakan string dan integer, sebagai contoh kita bisa menganggap 1 sebagai intger dan “1” sebagai string
  • if-else (percabangan) : secara sederhana, ini adalah kondisi jika-maka, maksudnya, apabila (IF) suatu kondisi terpenuhi (benar) maka program akan melakukan perintah yang kita buat, dan apabila (IF) suatu kondisi tidak terpenuhi (salah) maka program tidak akan melakukan perintah yang kita buat atau melakukan perintah lain (ELSE)
  • boolean : merupakan tipe data paling sederhana di pemrograman dan memiliki peran yang sangat penting, data ini hanya memiliki 2 nilai yaitu true (benar) & false (salah), tipe data ini paling sering digunakan dalam kondisi percabangan (if)
  • array : sebuah data yang terdiri atas banyak data, biasanya array berisi tipe data yang sama, untuk mempermudah pemahamannya silahkan ingat ingat pelajaran himpunan matematika
  • looping (perulangan) : suatu perintah pada pemrograman yang digunakan untuk mengeksekusi perintah yang sama berulang kali selama kondisi tertentu terpenuhi.
  • function : kode program yang dibuat untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu, fungsian biasanya memiliki nilai balik (return value)
  • return value : sebuah nilai yang dikembalikan oleh function.

Terima Kasih telah mengunjungi Website kami, Jika anda ingin mengetahui lebih banyak pengetahuan seputar Software Development dan IT silahkan kunjungi Blog resmi kami silahkan klik disini.

Baca Juga :

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *