preloader

Apa itu Captcha? Sistem Keamanan Siber Beserta Fungsi, Sejarahnya dan jenisnya

Perkembangan teknologi digital tidak lepas dari penggunaan internet disetiap aktivitasnya. Cepat, lancar dan nyaman merupakan tuntutan user saat melakukan browsing. Pencarian informasi kerap kita gunakan search engine atau mesin pencari yang merupakan website pengumpul konten dari seluruh bagian internet, salah satunya adalah google. Pencarian menggunakan google, terkadang dijumpai pertanyaan untuk verifikasi user bahwasanya “saya bukan robot” atau disebut dengan captcha.

Ketika melakukan login atau masuk pada suatu situs atau akun tertentu, biasanya akan diberikan tes berupa adanya captcha. Captcha ini dikatakan berfungsi membedakan antara manusia dengan mesin. Bagaimana dan apa sebenarnya yang dimaksud dengan captcha ini? Simak pembahasannya berikut.

Apa Itu Captcha

CAPTCHA adalah program yang dapat menentukan apakah pengguna internet tersebut seorang Homo sapiens alias manusia atau berupa bot spam. Pada dasarnya captcha ini merupakan fitur yang dibuat demi tujuan menjaga keamanan suatu situs website. Fitur keamanan ini digunakan untuk dapat membedakan dan memastikan bahkan yang mengakses situs ialah manusia dan bukan robot.

Hal ini dilakukan untuk menghindari website dari spam dan serangan digital lain yang tidak diinginkan. Mungkin bagi sebagian orang hal ini cukup mengganggu karena sistem captcha mengharuskan user untuk memasukkan sejumlah huruf atau angka atau memilih suatu gambar. Maka dari itu, teknologi captcha ini juga disebut sebagai cybersecurity.

Contoh umum dan sederhana yang sering kita jumpai adalah ketika mengunjungi suatu website terdapat kotak yang harus kita centang jika muncul tulisan “Saya Bukan Robot” atau “Aku Manusia”.

Terdapat desain khusus dalam validasi akses autentikasi yang memastikan pengunjung website merupakan seorang manusia, dan bukanlah sebuah robot. Pertanyaan autentikasi harus dibuat khusus supaya bisa membedakan manusia dan robot.

Meskipun, terkadang sebagian dari kita merasa bahwa mengisi kode captcha cukup menyita waktu terutama bagi kita yang sedang terburu – buru menuju sebuah laman website. Namun perlu kita sadari bahwa captcha ini memiliki fungsi yang bukan main terutama bagi para pemilik website untuk melapisi keamanan agar terhindar dari segala bentuk kejahatan di internet.

Jenis – jenis captcha

  • Text captcha

Captcha jenis ini merupakan yang paling sering digunakan dan dapat dikatakan jenis captcha yang paling sederhana. Penggunaan teknologi text captcha mewajibkan pengguna untuk mengetik sejumlah huruf atau angka atau bahkan kombinasi keduanya dengan perpaduan huruf besar dan kecil.

  • jQuery Slider Captcha

jQuery slider captcha adalah contoh kode captcha yang termasuk mudah untuk diselesaikan. Kamu diharuskan memindah kotak kecil dari kiri ke kanan untuk verifikasi kode captcha. Adapun variasi slide captcha ini bisa dalam bentuk puzzle.

  • 3D Captcha

3D captcha adalah versi sedikit lebih sulit dari text captcha karena text yang ditampilkan berupa gambar 3D. Kode captcha ini lebih meyakinkan dengan tingkat kesulitannya tersebut.

  • Captcha Audio

Captcha jenis ini biasanya menjadi alternatif bagi pengunjung yang mengalami gangguan pengelihatan maupun tuna netra. Captcha audio menggunakan suara yang digunakan untuk mendikte kode yang perlu diketik sebagai langkah autentikasi.

  • Checkbox

enis captcha yang terakhir merupakan jenis yang paling mudah, yakni dengan hanya mencentang pada tulisan ‘Saya Bukan Robot’. Meskipun jenis ini sangat mudah dilakukan, namun jenis yang satu ini malah sulit untuk dibobol robot spam.

Captcha ini terbagi menjadi dua yakni Google ReCaptcha V2 yang pada websitenya menampilkan kotak centang pada “I’m not a robot” atau “Saya Bukan Robot”. Sedangkan jenis yang satunya adalah Google ReCaptcha V3 yang menyediakan verifikasi keamanan otomatis dengan melakukan pemindaian pada aktivitas pengunjung.

Sejarah Captcha

CAPTCHA dibuat pada tahun 2000 oleh 3 orang yakni  Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas Hopper dan John Langford. Mereka berasal dari  Computer Science Department, Carnegie Mellon University, Amerika Serikat.

CAPTCHA adalah sebuah akronim dari “Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart”. Gampangnya, CAPTCHA adalah program yang dapat menentukan apakah pengguna internet tersebut seorang Homo sapiens alias manusia atau berupa bot spam.

Para pengguna internet dari tahun 2000-an awal hingga 2010-an pasti pernah mengisi test CAPTCHA. Misalnya saja ketika akan membuat akun Yahoo! Mail, atau sebelum loginFacebook dan WordPress.

Test itu berupa kombinasi karakter huruf dan angka yang diregangkan dan dimanipulasi/didistorsi, sehingga hanya manusia yang dapat melalui test tersebut. Sementara program komputer bots bakalan sulit melakukannya. Hal ini biasanya dilakukan pengguna website untuk melindungi dari serangan bots spam.

Fungsi Captcha

1. Melindungi Email Website dari Scraping

Tujuannya untuk mempermudah calon pelanggan dalam menghubungi administrator website. Namun, di luar sana, ada sebuah bots yang dapat memotong alamat email seseorang dari sebuah website, kemudian mengambil aksesnya.

Bot tersebut bernama Scraper dan aksinya dinamai Scraping. Dengan CAPTCHA, email yang terpampang di halaman website akan tersembunyi dari Scraper. Pasti Anda pernah menjumpai beberapa situs yang menampilkan alamat email.

2. Mencegah Komentar Spam

Mesin pencari seperti Google akan menganggap spam yang berlebihan di website Anda sebagai virus.Jadi untuk mencegah penyebarannya, Google bisa saja menghapus situs Anda dari hasil pencarian. 

Disini, CAPTCHA mengharuskan seseorang yang ingin memposting komentar untuk memasukkan kombinasi angka, huruf, atau gambar terlebih dahulu.Bagi yang ingin melakukan spam secara manual, hal ini tentu sangat merepotkan.

3. Mencegah Registrasi Akun Palsu

Serangan akun palsu bukan sesuatu yang dapat diremehkan oleh pemilik suatu situs. Sebab akun palsu akan memenuhi database website dan mengurangi efektivitas email Anda.

Sebab, ketika sistem Anda secara otomatis mengirim email ke akun palsu, email Anda tidak akan masuk ke dalam inbox. Ketika sebanyak email yang tidak dapat mencapai tujuan, pihak penyedia layanan email akan menganggap alamat email Anda buruk. Penyedia layanan email akan cenderung mengarahkan email dari akun bereputasi buruk  ke folder spam penerima.

4. Melindungi Website dari Dictionary Attack

Dictionary attack atau serangan kamus adalah serangan yang dilakukan untuk mencari tahu password suatu akun menggunakan bots kamus. Jika password suatu akun sudah didapatkan, yang umum terjadi adalah pencurian akun.

Inilah informasi yang membahas Apa itu Captcha? Sistem Keamanan Siber Beserta Fungsi, Sejarahnya dan jenisnya. Semoga dari informasi yang diberikan dapat membantu kamu dalam memahami verifikasi captcha.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Ingin punya website dengan harga Rp.75.000 saja? Langsung saja kunjungi link kami dibawah ini.

Kunjungi : Jasa Pembuatan Website Murah, Profesional Gratis Domain & SSL (powercode.id)

-PowerCode Technology Solution

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *