LANDING PAGE
Apa Itu Landing Page ?
Landing page adalah halaman dari website terpisah atau versi sederhana dari website yang dibuat untuk tujuan pemasaran yang lebih spesifik lalu memberikan penawaran spesial kepada calon customer sehingga mampu meningkatkan tingkat konversi. Landing page juga bisa dikatakan sebagai halaman situs web yang dirancang dengan tujuan yang lebih terperinci dengan pilihan yang dimiliki pengunjung dan mengarahkan mereka ke tujuan yang jelas seperti memberikan penawaran.
Subjek yang dituju adalah pelanggan potensial. Landing page dirancang untuk mengubah pengunjung situs web Anda menjadi prospek. Dengan menawarkan sesuatu yang relevan dengan pengunjung halaman, Anda bisa mendapatkan informasi kontak mereka sebagai balasannya. Jadi, Anda dapat memelihara prospek Anda dan mengubahnya menjadi pelanggan setia di masa depan.
Tujuan utamanya adalah untuk mendorong pengguna melakukan konversi. Konversi tersebut misalnya, pindah ke halaman berikutnya, mulai berlangganan, melakukan pembelian, atau melengkapi formulir kontak. Konversi yang tinggi memungkinkan terjadinya lebih banyak penjualan. Landing Page sangat sering disiapkan untuk kampanye pemasaran Google Ads.
Contoh
Bentuk Landing Page
Cara Mengoptimalkan Landing Page.
Saat Anda ingin membuat Landing page untuk tujuan pemasaran, anda harus menentukan tujuan untuk apa landing page itu dibuat, kampanye apa yang ingin dirancang, karena membuat landing page harus membuat tujuan yang jelas. Jika Anda mengetahui tujuan Anda, Anda dapat mulai mengoptimalkan halaman untuk grup target dan menambahkan semua elemen penting yang seharusnya ada di halaman tersebut. Contoh pembuatan landing page bisa terjadi ketika para pengguna mendarat di halaman setelah mengklik tautan email, mengikuti salah satu dari halaman hasil mesin pencari atau iklan media sosial. Biasanya pengguna akan tertarik untuk mengisi atau mengikuti halaman yang dibuat ketika diberikan penawaran yang berharga dengan kesempatan yang terbatas yang tak terulang lagi di waktu lain.
Maka dari itu, landing page tersebut haruslah menyesuaikan kebutuhan yang ingin dicapai dan landing page harus mampu memberi pengguna potensial apa yang mereka butuhkan. Dari pembuatan landing page yang tepat akan mampu meyakinkan pengguna untuk bergabung atau mengikuti kesertaan atau berpartisipasi segera. Terakhir , landing page yang telah dibuat harus diuji, untuk melihat efektifitasnya. Terutama untuk halaman-halaman yang berfokus pada konversi, akan terbayar dengan pengujian A/B secara menyeluruh.
Beberapa Metrik Untuk Mengukur Keberhasilan Landing Page
Conversion rate : berapa banyak pengguna yang benar-benar menyelesaikan tindakan yang Anda inginkan di halaman Anda
Bounce rate : berapa banyak orang yang meninggalkan halaman Anda segera setelah mengunjungi
Dwell time : berapa lama seseorang melihat halaman Anda
Scroll depth : seberapa jauh pengguna menscroll kebawah untuk membaca sampai selesai isi halaman Anda
Beberapa Cara Untuk Mengarahkan Traffic ke Landing Page
Paid ads : Dapat menggunakan iklan berbayar di platform seperti Google, Facebook Instagram. Iklan berbayar berguna jika Anda memiliki beberapa jenis KPI yang harus Anda penuhi dalam waktu yang ditargetkan singkat.
Organic search : Optimalisasi mesin pencari adalah cara untuk mendapatkan traffic jangka panjang. Pelajari lebih lanjut tentang SEO untuk meningkatkan lalu lintas pencarian organik Anda.
Referral campaigns: Lakukan ajakan ke pengguna untuk menyebarkan berita tentang produk, layanan, peluncuran, atau kampanye Anda. Berikan mereka tautan yang dapat mereka bagikan dengan mudah ke lingkaran sosial mereka untuk mendapatkan jaringan baru dengan perantara lain.
ARTIKEL SEBELUMNYA :
Demikian artikel yang saya buat ini. Terima kasih, Semoga bermanfaat
Bila kalian ingin mengembangkan bisnis anda, pembuatan website sebagai sarana untuk Go Online sangat membantu. Silahkan konsultasikan dengan kami untuk pembuatan dan pengembangan website terbaik.
Silahkan kunjungi layanan kami disini.